Friday 19 June 2015

Cara Membuat Timun Suri Agar Cepet Matang

Cara Membuat timun suri agar cepet matang - Selamat siang kali ini kita memasuki bulan ramadhan mudah - mudahan puasa kita di bulan ramadahan ini di terima amal ibadahnya tidak hanya menahan haus dan lapar . pada kesempatan kali ini admin akan berbagi Tips dan trik bagaimana cara agar timun suri cepet matang dan disini admin hanya berbagi saja karna ini sedikit pengalaman admin ketika tinggal di kampung cikuda , berikut adalah tips dan triknya.

Cara Membuat timun suri agar cepet matang
1. Pengambilan Timun suri

Pengambilan timun suri disini yaitu pengambilan yang memang di anggap tua  dan biasanya bentuk timun suri jika matang terasa ringan jika di angakt dan di lihat warna akan berbeda dengan yang agak muda , pengambilan timun  suri harus dengan pisau , potongkan lah ujung atau tangkai ( dahan ) yang menempel dari  timun suri dengan pisau minimal dua 2cm dari timun suri  kmeudian  kumpulkan lah jika sudah banyak bawalah pulang kerumah

2. Pencucian 

Jika sudah di bawa kerumah timun suri tersebut langkah selanjutnya adalah Mencuci timun suri karna ini adalah salah satu cara agar ketika matang timun suri tidak kotor , gunakan ketika pencucian ember kecil dan lap , basuhlah timun suri yang memang di anggap kotor .

3. Penjemuran 

Jika sudah di cuci langkah selanjutnya adalah proses penjemuran uasahakan ketika proses penjemuran alas yang di gunakan  seperti halnya karung yang selembaran atau bisa di gunakan  untuk menjemur padi biasanya karung yang di gunakan karung yang sudah di jahit sehingga besar ketika penyekapan . Proses penjemuran tidak kurang dari 30 menit  dengan panas yang menyengat, misal meulai penjemuran jam 10 : 30 pagi maka ketika di angakat tidak jauh jam 11: 00 . Jika memang masih punya karung agak banyak bersamaan dengan timun suri di jemur karung yang lainnya usahakan di jemur .

4. Penyekapan 

Langkah selanjutnya adalah jika sudah di jemur kurang lebih 30 menit hamparkanlah karung yang tadi di jemur di tempat yang memang terhindar dari tikus , pencuri dll .ambilah satu persatu timun suri yang tadi sudah di jemur ketempat ( alas yang sudah di jemur ) buatlah seperti tumpukan gunung kemudian tutuplah dengan terpal tersebut seperti halnya gunung , uasahakan jangan sampai ada udara yang masuk ikatlah dengan kuat dan rapih

5.  Menunggu

Langkah selnjutnya yaitu menunggu proses penyekapan , ketika proses penyekapan jangan di buka - buka hingga menjelang saur dan subuh , barulah di buka minimal jam 5 pagi barulah di buka . 

6. Pemilihan 

Langkah selanjutnya yaitu proses pemilihan ketika sudah di buka karna bisa di bedakan ketika timun yang tua dan setengah tua yaitu biasanya jika yang tua akan matang dan yang tidak tua biasanya tidak matang , maka dari itu jika pengambilan timun suri haruslah benar benar yang tua . Timun suri pun bisa di jual dan di konsumsi , selamat mencoba . 

NB : Proses ini tidak menggunakan pengawet apapun dan proses ini secara alami

Nah itulah rekan - rekan semua yang hanya sekeadar ilmu yang bisa di sampaikan jika masih kurang pahan silahkan komentarnya di tunggu dan mari kita diskusikan ,

Related Post:

2 comments: